I AM THE BIG DREAMERS (Awaliya Amirotun)

RESENSI BUKU PENDIDIKAN NEOMODERNISME (Telaah Pemikiran Fazlur Rahman) KARYA M. RIKZA CHAMAMI



Judul buku             : Pendidikan Neomodernisme (Telaah Pemikiran Fazlur                                     Rahman)
Penulis                   : M. Rikza Chamami, M.Si.
Editor                     : Abu Rokhmad
Desain Cover         : Agung Widodo
Desain Layout       : Dzikrullah Zulkarnain
Penerbit                  : Walisongo Press
Cetakan                  : Ke-1, Juli 2010
Hak Cipta              : Undang-Undang No. 19 Tahun 2002
Deskripsi Fisik       : xvi+224 hlm.; 15x21 cm.
ISBN                     : 978-602-97346-6-9
Resentator              : Awaliya Amirotun

              Buku yang berjudul Pendidikan Neomodernisme karya M. Rikza Chamami. M.Si. yang memaparkan telaah pemikiran Fazlur Rahman tentang modernisasi Islam. Di dalam buku yang sangat menarik ini Fazlur Rahman mengemukakan bahwa neomodernisme dengan memberikan model pembaharuan (tajdid) dalam fase perkembangan dunia Islam. Neomodernisme menawarkan konsep Pendidikan Islam yang modern. Dengan cara mengakomodasi pemikiran barat dengan proses filtarisasi tanpa meninggalkan Keislaman itu sendiri.
              Menurut Falur Rahman, pendidikan merupakan pokok utama yang harus diutamakan dalam pembaharuan Islam, seperti pernyataan tegasnya “Any Islamic reform now must begin with education”. Esensi dari pendidikan bagi Fazlur Rahman adalah intelektualisme Islam dengan al-Quran.
              Buku ini memberikan kajian yang mendalam terhadap pemikiran Fazlur Rahman yang berkaitan dengan neomodernisme, terutama aspek pendidikan yang masih tertutup rapat, rasionalis-religius kemudian menjadi gagasannya. Rasionalis dan Religius adalah dua yang berbeda yang akan membentuk harmoni yang indah bagi aroma pendidikan, terutama pendidikan berbasis Islam. Karena jika kita mau menengok kembali antara dua konsep ‘pendidikan’ dan ‘agama’ yang diwujudkan dalam lembaga pendidikan ini adalah sebuah wadah yang luar biasa. Karena sejatinya manusia di dalam segi apapun tidak mungkin terlepas dari nilai keagamaan. Kemudian yang menjadi pertanyaan terbesar adalah mengapa mayoritas pendidikan Islam lebih lambat dari segi kemajuannya jika dibandingkan dengan pendidikan umum.
              Menurut Rahman, pendidikan Islam belum mampu mengembangkan model paedagogy. Kemudian ia membagi metode pengajaran individu dn kelompok dengan tanpa meninggalkan metode-metode pendidikan zaman nabi hingga masa sekarang.
Menurut saya, buku ini hendaknya menjadi buku bacaan wajib setiap guru, dosen atau pecinta pendidikan yang mengajar materi sejarah dan filsafat pendidikan. Dan bisa jadi merupakan solusi yang tepat untuk membantu mahasiswa dalam meneliti, lebih khusus terhadap tokoh-tokoh klasik dan lokal.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Blog templatesFree Web Templates