Judul buku : Pendidikan Neomodernisme (Telaah Pemikiran
Fazlur Rahman)
Penulis : M. Rikza Chamami, M.Si.
Editor : Abu Rokhmad
Desain Cover : Agung Widodo
Desain Layout : Dzikrullah Zulkarnain
Penerbit : Walisongo Press
Cetakan : Ke-1, Juli 2010
Hak Cipta : Undang-Undang No. 19 Tahun 2002
Deskripsi Fisik : xvi+224 hlm.; 15x21 cm.
ISBN :
978-602-97346-6-9
Resentator : Awaliya Amirotun
Buku yang
berjudul Pendidikan Neomodernisme karya M. Rikza Chamami. M.Si. yang memaparkan
telaah pemikiran Fazlur Rahman tentang modernisasi Islam. Di dalam buku yang sangat
menarik ini Fazlur Rahman mengemukakan bahwa neomodernisme dengan memberikan
model pembaharuan (tajdid) dalam fase perkembangan dunia Islam. Neomodernisme
menawarkan konsep Pendidikan Islam yang modern. Dengan cara mengakomodasi
pemikiran barat dengan proses filtarisasi tanpa meninggalkan Keislaman itu
sendiri.
Menurut Falur
Rahman, pendidikan merupakan pokok utama yang harus diutamakan dalam
pembaharuan Islam, seperti pernyataan tegasnya “Any Islamic reform now must
begin with education”. Esensi dari pendidikan bagi Fazlur Rahman adalah
intelektualisme Islam dengan al-Quran.
Buku ini
memberikan kajian yang mendalam terhadap pemikiran Fazlur Rahman yang berkaitan
dengan neomodernisme, terutama aspek pendidikan yang masih tertutup rapat,
rasionalis-religius kemudian menjadi gagasannya. Rasionalis dan Religius adalah
dua yang berbeda yang akan membentuk harmoni yang indah bagi aroma pendidikan,
terutama pendidikan berbasis Islam. Karena jika kita mau menengok kembali
antara dua konsep ‘pendidikan’ dan ‘agama’ yang diwujudkan dalam lembaga
pendidikan ini adalah sebuah wadah yang luar biasa. Karena sejatinya manusia di
dalam segi apapun tidak mungkin terlepas dari nilai keagamaan. Kemudian yang
menjadi pertanyaan terbesar adalah mengapa mayoritas pendidikan Islam lebih lambat
dari segi kemajuannya jika dibandingkan dengan pendidikan umum.
Menurut Rahman, pendidikan Islam
belum mampu mengembangkan model paedagogy. Kemudian ia membagi metode
pengajaran individu dn kelompok dengan tanpa meninggalkan metode-metode
pendidikan zaman nabi hingga masa sekarang.
Menurut saya, buku ini hendaknya
menjadi buku bacaan wajib setiap guru, dosen atau pecinta pendidikan yang
mengajar materi sejarah dan filsafat pendidikan. Dan bisa jadi merupakan
solusi yang tepat untuk membantu mahasiswa dalam meneliti, lebih khusus
terhadap tokoh-tokoh klasik dan lokal.