I AM THE BIG DREAMERS (Awaliya Amirotun)

TEKNIK PENULISAN ARTIKEL JURNAL ILMIAH



MAKALAH
TEKNIK PENULISAN ARTIKEL JURNAL ILMIAH
Dipresentasikan dalam Mata Kuliah
Karya Tulis Ilmiah
Yang diampu oleh : M. Rikza Chamami, MSI
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/8/81/Logo_uin_walisongo.png
Kelas KI2B
Prila Pita Sari                                      (1403036039)
Maharinda Eva Nurjanah                    (1403036042)
Fida Nor Salamah                               (1403036039)


FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
TAHUN 2015


       I.                         PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Artikel merupakan salah satu bentuk karya ilmiah yang ditulis berdasarkan hasil penelitian dan hasil pemikiran atau kajian pustaka. Artikel dapat dikatan sebagai karya tulis yang berisi opini seseorang yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang bersifat aktual dan kadang-kadang kontroversial dengan tujuan untuk memberikan informasi, memengaruhi, meyakinkan, persuasif argumentatif, dan menghibur khalayak pembaca.
Artikel biasanya diperuntukan untuk masyarakat umum yang dimuat pada media cetak, majalah dinding, dan ada juga tugas dari dosen dengan maksud menyampaikan ide, gagasan. Sehingga bahasa dan kata yang digunakan harus yang populer. Topik kajiannya juga harus topik kajian sebuah ilmu tertentu, atau masalah yang sedang ramai dibicarakan.


2.      Rumusan Masalah
a.       Apa pengertian Artikel Jurnal Ilmiah,?
b.      Apa tujuan penulisan Artikel Jurnal Ilmiah,?
c.       Bagaimana langkah penyusunan Artikel Jurnal Ilmiah,?
d.      Apa dan bagaimana ruang lingkup Artikel Jurnal Ilmiah,?
e.       Apa saja macam-macam Arikel Jurnal Ilmiah,?
f.       Apasaja jenis-jenis artikel jurnal ilmiah,?
g.      Bagaimana bahasa jurnalistik,?






    II.                        PEMBAHASAN
A.    Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah
Menurut Hakim (2008:44), artikel sebenarnya merupakan karya tulis yang bersifat umum dan luas, biasanya meupakan oponi bahkan juga merupakan berita. Selanjutnya, Zaenuddin (2004:85), mengemukakan bahwa “artikel adalah bentuk karangan bebas yang mengangkat berbai macam tema terutama yang menyangkut masalah sosial dan kemanusiaan”. Artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai di majalah, artikel merupakan salah satu karya tulis yang paling sederhana.[1]
Istilah jurnal dalam bahasa Indonesia sebenarnya lebih dikenal dengan sebutan “majalah”, yakni salah satu jenis media masa cetak yang di terbitkan secara berkala. Namun, ditengok dari segmentasi pembacanya, majalah terbagi atas (a) majalah untuk umum (majalah sastra, majalah musik, majalah remaja, majalah olah raga dan seterusnya) ; (b) majalah khusus untuk kalangan akademik alias majalah ilmiah yang lebih akrab disebut jurnal (jurnal kesehatan, jurnal pertanian, jurnal ekonomi, jurnal politik, jurnal psikologi, jurnal teknik, jurnal filsafat, dan seterusnya).[2]
Jurnal penelitian adalah buku yang berisi karya ilmiah terdiri dari hasil penelitian dan resensi buku. Penerbitan jurnal ini harus teratur dan mendapatkan nomor dari perpustakaan nasional berupa ISSN ( International Standard Serial Number ).[3]








B.     Tujuan penulisan Artikel Jurnal Ilmiah
Menurut Sikumbang (dalam suseno, 1993 : 2-5), sekurang-kuarangnya ada 6 tujuan yang akan di proleh dari tujuan tersebut :
1.      Dapat melatih mengembangkan ketrampilan pembaca yang efektif.
2.      Dapat meleatih mnggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber, mengambil sarinya dan mengembangkannya.
3.      Dapat berkenalan dengan kegiatan perpustakaan
4.      Dapat meningkatkan ketrampilan dalam mengorganisasi dan menyajikan data dan fakta.
5.      Dapat memperoleh kepuasan intelektual.
6.      Terus memperluas cakarawala ilmu pengetahuan masyarakat.[4]

















C.     Langkah-langkah menulis Artikel Jurnal Ilmiah
Langkah-langakah menulis seebuah artikel dapat ditempuh sebagai berikut :
1.      Mencari Ide
Ide adalah suatu yang melintas melalui pikiran, baik berupa kata atau kalimat, setelah kita membaca, menyimak, melihat, mengalami,dan merenungkan sesuatu. Ide yang akan ditulis harus relevan, aktual, dan terjangkau. Setelah itu muncullah gagasan. Dalam hal ini, gagasan adalah sesuatu yang akan kita perbuat berupa pernyataan, sikap dan tindakan.
2.      Menentukan Topik
Topik adalah pokok permasalahan yang akan dibahas. Topik artikel yang baik harus sesuai dengan latar belakang pengtahuan penulis, menarik, sesuai dngan pengetahuan pembaca, aktual, fenomenal, kontroversial, dibatasi dan harus ditinjau oleh refrensi yang tersedia.
3.      Menetapkan Judul
Judul adalah identitas karangan. Judul harus singkat, padat, relevan. Judul berupa kata, frasa, klausa, atau kalimat tanya.
Contoh :
a.       Pengangguran ( Judul artikl berupa kata )
b.      Rumah Sakit Hasan Sadikin ( Judul artikel berupa frase )
c.       Kondisi Samapah di Kota Bnadar Lampung Dapat Menimbulkan Penyakit ( Judul artikel berupa Klausa )
d.      Haruskah BBM Naik Lagi,? ( Judul berupa kalimat tanya ).[5]
Dalam bahasa Indonesia ragam jurnalistik, aturan main itu tercakup dalam kadah ejaan bahasa Indonesia. Ejaan bahasa Indonesia yang berlaku saat ini adalah Ejaan Bahasa Indonesia Ynag Disempurnakan yang telah ditetapkan dengan keputusan Mentri pendidikan dan kebudayaan RI Nomor 03/A.I/72, tanggal 20 mei 1972, dan diresmikan penggunaannya dengan surat keputusan presiden RI Nomor 52, tanggal 17 Agustus.[6]

D.    Ruang Lingkup Jurnal Ilmiah
Gaya selingkung jurnal, yang misalnya berupa pedoman penulisan artikel ilmiah, disusun oleh pengelola jurnal yang bersangkutan dengan tujuan agar para calon penulis yang berminat mengirimkan tulisannya dapat menyesuaikan diri. Maksudnya, agar tampilan jurnal tersbut terjaga secara konsisten.[7]
Pada dasarnya, ada tiga makalah pokok dalam menulis karya ilmiah, yaitu :
1.      Masalah Empiris
Yaitu masalah dalam persoalan menulis yang disebabkan oleh pengalaman di lapangan. Ada 3 pokok yang menyebabkan orang sulit membuat tulisan, yaitu : keterbacaan penulis mengembangkan ide, pola tulisan kurang standar, dan kurang berbobot subtansi tulisan.
2.      Masalah Retorika
Maksudnya adalah cara mengungkapkan ide. Retorika dalam tulisan tertuang dalam bentuk kelancaran ide, linier tidaknya argumentasi, pola penyajian data pendukung, dan pola membuat data kesimpulan dari suatu argumentasi.
3.      Masalah Linguistik 
Maksudnya adalah masalah penguasaan bahasa. Dalam aspek ini ada empat hal yang dijadikan acuan, yaitu : (1) sintaksis, (2) gramatika, (3) diksi dan kosa kata, (4) mekanik.[8]





E.     Macam-macam Artikel Jurnal Ilmiah
Artikel untuk jurnal ilmiah dapat di bedakan ke dalam dua bagian, yaitu, artikel hasil penelitian dan artikel nonpenelitian, berisi hasil pemikiran atau hasil kajian pustaka.
Artikel hasil penelitian dikembangkan dengan uutan sebagai berikut :
1.      Judul artikel
2.      Nama penulis
3.      Abstrak dan kata kunci
4.      Pendahuluan
5.      Metode penelitian
6.      Hasil penelitian dan pembahasan
7.      Kesimpulan dan saran
8.      Daftar rujukan
Artikel hasil pemikiran atau kajian pustaka merupakan hasil peemikiran penulis tentang suatu permasalahan. Secara rinci anatomi artikel hasil pemikiran biasanya disajikan dalam fomat :
1.      Judul
2.      Nama penulis
3.      Abstrak dan kata kunci
4.      Pendahuluan
5.      Pembahasan
6.      Penutup dan
7.      Daftar pustaka.[9]






F.      Jenis-jenis Jurnal Ilmiah
Rohmanto (2008: 21) menyatakan bahwa berdasarkan penyimpanan dan tingkat kesulitannya, artikel dapat dibagi menjadi emapt jenis, yaitu :
1.      Artikel Praktik
Seperti petunjuk-petunjuk cara membuat, memperbaiki, dan mengoperasikan suatu alat. Penulisannyapun disusun sesuai urutan waktu, peristiwa, dan tahapan-tahapan. Contoh artikel praktik adalah “Cara-cara Merawat Muka” yang biasa da di majalah-majalah.
2.      Artikel Ringan
Biasanya mengangkat maslah-masalah yang ringan dalam artikel tidak memrlukan pemahaman mendalam. Artikel ini sperti ada dalam rubik-rubik remaja pada majalah atau surat kabar.
3.      Atikel Halaman Opini
Pada dasnya semua jenis arikel adalah opini, namun artikel yang satu ini ditempatkan dalam surat kabar atau majalah, dibagian khusus opini, seperti tajuk rencana, karikatur, pojok, kolom, dan surat pembaca. Artikel opini biasana mengupas atas makalh secara akademis. Contohnya, “Orang Tua dan Guru Agama dalam Pendidikan.”
4.      Artikel Analisis Ahli
Artikel ini lebih berat daripada artikel opini. Artikel ini juga harus ditulis oleh orang yang disiplin ilmu sesuai dengan topic artikel. Perbedaanya, kalo artikel lain harus selalu menggunakan bahasa populer, sedangkan artikel analisis mnggunakan bahasa ilmiah. Contohnya, “Arah dan Tujuan Indonsia”.[10]







G.    Bahasa Jurnalistik
Yang di maksud dengan bahasa jurnalistik disini adalah bahasa pers pada umumnya.
Didalam undang-undang Nomor 11 tahun 1966 tentang ketentuan-ketentuan pokok pers, bab I pasal I tentang ketentuan umum disebutkan sebagai berikut. Dalam ayat 1 disebutkan bahwa pers adalah lembaga kemasyarakatan alat revolusi yang mempunyai karya sebagai salah satu media komunikasi massa yang bersifat umum berupa penerbitan teratur berupa penerbitan yang teratur waktu terbitnya, diperlengkapi atau tidak diperlengkapi dengan alat-alat milik sendiri berupa percetakan, alat-alat foto, klise, mesin-mesin stensil, atau alat-alat teknik lainnya. Ayat 2 menyebutkan bahwa perusahaan pers ialah perusahaan surat kabar harian, penerbitan berkal, kantor berita, bulletin, dan lain-lain. Pasal 3 menyebutkan bahwa kewartawanan ialah pekerjaan/kegiatan/usaha yang berhubungan dengan pengumpulan, pengelolaan dan penyiaran dalam bentuk fakta, pendapat, usulan, gambar-gambar dan lain sebagainya untuk perusahaan pers, radio, televise dan lain-lain. Pasal 4 menyebutkan bahwa wartawan ialah karyawan yang melakukan pekerjaan seperti yang di maksudkan dalam ayat 3 pasal ini secara kontiu.
Dalam bahasa jurnalistik ragam bahasa tulis dipakai. Raga ini menggunakan system kata-kata konvensional pula. Coba bedakan dengan bahasa nonkonvensional seperti terlihat dalam graffiti. Oleh karena itu didalam bahsa jurnalistik ini dikehendaki ketelitian, konstruksi kalimat yang lebih logis, dan kemampuan pembentukan kata yang tepat.[11]








 III.                         KESIMPULAN
Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan pengertian artikel jurnal ilmiah menurut  Zaenuddin (2004:85), mengemukakan bahwa “artikel adalah bentuk karangan bebas yang mengangkat berbai macam tema terutama yang menyangkut masalah sosial dan kemanusiaan”. Artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai di majalah, artikel merupakan salah satu karya tulis yang paling sederhana.
 Tujuan penulisan Artikel Jurnal Ilmiah.Menurut Sikumbang (dalam suseno, 1993 : 2-5), sekurang-kuarangnya ada 6 tujuan yang akan di proleh dari tujuan tersebut :Dapat melatih mengembangkan ketrampilan pembaca yang efektif, Dapat meleatih mnggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber, mengambil sarinya dan mengembangkannya, Dapat berkenalan dengan kegiatan perpustakaan, Dapat meningkatkan ketrampilan dalam mengorganisasi dan menyajikan data dan fakta, Dapat memperoleh kepuasan intelektual, dan terus memperluas cakarawala ilmu pengetahuan masyarakat.Langkah penyusunan artikel jurnal ilmiah secara garis besar yaitu : mencari ide,menentukan topik,dan menentukan judul. Rohmanto (2008: 21) menyatakan bahwa berdasarkan penyimpanan dan tingkat kesulitannya, artikel dapat dibagi menjadi emapt jenis, yaitu : artikel praktik, artikel ringan, artikel halaman opini, dan artikel ahli analisis.














IV.                        PENUTUP
Demikianlah makalah yang kami buat, kami menyadari dalam penulisan ini banyak sekali kesalahan dan kekurangan. Untuk itu kritik dan saran kami perlukan demi kesempurnaan makalah ini dan berikutnya. Besar harapan kami, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca umumnya dan bagi para pemakalah khususnya.

















Daftar Pustaka
Dalman, Ketrampilan Menulis, Jakarta: Raja Grafindo Persada,2014.
Wahyu Wibowo, Piawai Menulis Jurnal Terakreditasi (Paradigma Baru Kiat Menulis Artikel        Ilmiah), Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Totok Djuroto & Bambang Supriajadi, Menulis Artikel dan Karya Ilmiah, Bandung: Remaja                      Rosdakarya, 2009.
Sugihastuti, Bahasa Lapoan Peneliian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2007.

           















BIODATA PENYAJI
Penyaji I         Nama                           : Maharinda Efa Nurjanah
                        Tempat Tanggal Lahir : Kebumen, 18 Januari 1996
                        Nim                             : 1403036042
                        Jurusan                        : Kependidikan Islam
                        Alamat                                    : Banjardowo Rt 01 Rw 05, Genuk Semarang
                        Riwayat Pendidikan   :
1.    Sd                    : SD Negeri Genuk Sari 04
2.    SMP                 : Mts Nahdlatusy Syubban Sayung, Demak
3.    SMA                : Man 1 Semarang
4.    S1                    : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Email                           : eva_maharianda@yahoo.co.id
Hp                               : 089656060328









Penyaji II       Nama                           : Prila Pita Sari
                        Tempat Tanggal Lahir: Boyolali, 12 April 1996
                        Nim                             : 1403036039
                        Jurusan                        : Kependidikan Islam
                        Alamat                                    : Pecukan Rt 21 Rw 03, Juwangi Boyolali
Riwayat Pendidikan   :
1.    SD                   : SD Negeri V Juwangi, lulus tahun 2007
2.    SMP                 : SMP Islam Sudirman Juwangi, lulus tahun 2010
3.    SMA                : SMA Negeri 1 Karangrayung,lulus tahun 2013
4.    S1                    : Universitas Islam Negeri Semarang
Hobbi                          : Bermain ponsel
Email                           : prilapitasari@yahoo.com
Tweeter                       : @prilapita
Hp                               : 085799537122








Penyaji III :    Nama                           : Fida Noor Salamah
                        Alamat                                    : Tegal
                        Tempat Tanggal Lahir : Banjarnegara, 13 Agustus 1996
                        Nim                             : 1403036060
                        Hobbi                          : Bernyanyi
                        Email                           : Cagaviza@yahoo.com
                        Hp                               : 087711879566


           




[1] Dalman, Ketrampilan Menulis, Jakarta: Raja Grafindo Persada,2014,hlm.169.
[2] Wahyu Wibowo, Piawai Menulis Jurnal Terakreditasi (Paradigma Baru Kiat Menulis Artikel Ilmiah), Jakarta: Bumi Aksara, 2008, hlm. 14-15.
[3] Totok Djuroto & Bambang Supriajadi, Menulis Artikel dan Karya Ilmiah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009, hlm.36-37.
[4] Dalman, Ketrampilan Menulis, Jakarta: Raja Grafindo Persada,2014,hlm.167.

[5] Dalman, Ketrampilan Menulis, Jakarta: Raja Grafindo Persada,2014,hlm.171-172.
[6] Sugihastuti, Bahasa Lapoan Peneliian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2007,hlm.138.
[7] Wahyu Wibowo, Piawai Menulis Jurnal Terakreditasi (Paradigma Baru Kiat Menulis Artikel Ilmiah), Jakarta: Bumi Aksara, 2008, hlm. 179.
[8] Dalman, Ketrampilan Menulis, Jakarta: Raja Grafindo Persada,2014,hlm.157-158.

[9] Dalman, Ketrampilan Menulis, Jakarta: Raja Grafindo Persada,2014,hlm.172-173.

[10] Dalman, Ketrampilan Menulis, Jakarta: Raja Grafindo Persada,2014,hlm. 170- 171.
[11] Sugihastuti, Bahasa Lapoan Peneliian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2007,hlm.135-137.

2 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat

membuat jurnal ilmiah tidak terlalu sulit jika sudah paham tata cara penulisannya yang benar

mau tau lebih banyak lagi contoh jurnal dari para sarjana di Universitas Gunadarma ? yuk silahkan kunjungi Disini

Posting Komentar

 
Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Blog templatesFree Web Templates